Menu Utama

Tulisan

Tautan




Pembelajaran fisika dengan media komputer program flash-mx untuk pokok bahasan tatasurya di SMA Assalam semester I tahun ajaran 2005/2006
Jumat, 13 Februari 2009 by Bambang | Skripsi
PDF  Print 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya : 1) perbedaan pengaruh antara pembelajaran Fisika menggunakan media komputer dan media grafis terhadap hasil belajar Fisika , 2) perbedaan pengaruh antara minat siswa belajar Fisika kategori tinggi dan rendah terhadap hasil belajar Fisika, 3) interaksi antara pengaruh media pembelajaran dan minat siswa belajar terhadap hasil belajar fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain faktorial (2 X 2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Assalam Surakarta tahun ajaran 2005/2006 dengan jumlah 120 siswa yang terbagi menjadi 4 kelas. Sampel diambil secara random, yang kemudian didapat dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas X-1 dan X-2 , di mana kelas X-1 berjumlah 27 siswa dan kelas X-2 berjumlah 33 siswa. Pengambilan data menggunakan teknik dokumentasi, angket dan tes. Teknik dokumentasi digunakan untuk mengungkap data keadaan awal siswa yang diambil dari nilai EBTANAS murni (DANEM) IPA siswa saat SMP, angket untuk mengungkap data minat belajar Fisika siswa, sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran materi Tatasurya dengan media komputer dan media grafis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan kemudian dilanjutkan uji lanjut anava dengan metode Scheffe. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Dari hasil analisis didapatkan bahwa: 1) Ada perbedaan pengaruh antara pembelajaran Fisika menggunakan media grafis dan media komputer terhadap hasil belajar Fisika pokok bahasan Tatasurya (Fa > Ftabel -- 9.1545 >4.016 pada ), 2) Ada perbedaan pengaruh antara minat belajar Fisika siswa kategori tinggi dan rendah terhadap hasil belajar Fisika pokok bahasan Tatasurya (Fb > Ftabel -- 6.4004 > 4.016 pada ), 3) Tidak Ada interaksi antara pengaruh media pembelajaran dan minat belajar Fisika siswa terhadap hasil belajar Fisika pokok bahasan Tatasurya (Fab< Ftabel. -- 3.8380 < 4.016 pada ). Dari uji komparasi antar baris diperoleh bahwa pengajaran dengan media komputer lebih efektif bila dibandingkan dengan pengajaran dengan menggunakan media grafis (FA > Ftabel -- 9.1958 > 7.112 pada ), dan dari uji komparasi antar kolom diperoleh bahwa minat belajar Fisika siswa kategori tinggi lebih berpengaruh terhadap hasil belajar Fisika siswa dibandingkan minat belajar Fisika siswa kategori rendah (FB > Ftabel -- 6.4653 > 4.016 pada )

Penulis : Asnik Yanatun ( FKIP NIM.K2301021 tahun 2006 )

[ Atas ]


Berita terkait lainnya
© 2013 | UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret
Jln. Ir. Sutami 36 A Kentingan Jebres Surakarta 57126 Indonesia
Telp / Faks : + 62 0271 654311
e-mail : pustaka@uns.ac.id